Sturman Panjaitan: Masyarakat Minta 3 Usulan Diantaranya, Tower Seluler, Pengamanan di Kelautan dan DBH Migas

Fhoto Bersama Anggota DPR RI, Sturman Panjaitan dengan Muspida Pemkab Anambas. 
EXPOSSIDIK.com, Anambas: Kunjungan Kerja (Kunker), Mayjend TNI Marinir (Purn) Sturman Panjaitan (Anggota DPR RI Dapil Kepri Fraksi PDI-P) bersama masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yang dilaksanakan di Aula Siantanur Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (12/3/2020).

Kunjungan Sturman Panjaitan di wilayah KKA dalam rangka reses, sebagai anggota DPR RI dengan tujuan menampung aspirasi dan merupakan kewajiban bagi pimpinan dan anggota DPR dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu konstituen pada Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing guna meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPR dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta guna mewujudkan peran DPR dalam mengembangkan check and balances antara DPR dan Pemerintah Daerah maupun masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas.

Wakil Bupati KKA, Wan Zuhendra dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan hari ini merupakan suatu wadah bertujuan untuk mendengarkan apa yang menjadi aspirasi bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas. Untuk diketahui bersama Kepulauan Anambas merupakan wilayah konservasi yang mana memiliki banyak tempat pariwisata yang strategis yang harus menjadi perhatian khusus kepada pemerintah pusat.

”Kami selaku Pemda Anambas berharap saran dan aspirasi dari Anambas bisa menjadi gambaran untuk bisa lebih maju dan bisa mendukung kemajuan Anambas. Kami juga berharap agar masyarakat bisa memberikan masukan-masukan kepada perwakilan rakyat di pusat yakni bapak Mayjend TNI Marinir (Purn) Sturman Panjaitan,” himbu Wan Zuhendra.

Sturman Panjaitan dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini, ialah untuk menyaring aspirasi dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang mana aspirasi tersebut akan menjadi modal penting untuk kami tindaklanjuti ke jenjang lebih tinggi.

Lanjut Sturman, kegiatan reses ini adalah kerja nyata seorang anggota Dewan terpilih, menjadi anggota DPR RI dari Dapil Kepri dengan berada di Komisi I, meliputi Kementerian Pertahanan (Kemhan), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Panglima TNI/Mabes TNI AD, AL, dan AU. Badan Intelijen Negara (BIN), Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Komisi Informasi Pusat (KI Pusat), Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI), Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Dewan Pers, Perum LKBN Antara, dan Lembaga Sensor Film (LSF).

Manfaat reses ini adalah menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah yang tidak bisa diselesaikan oleh daerah dan provinsi. "Makanya nantinya akan dibawa ke tingkat pusat, pemerintah harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat salah satunya dengan memberikan pengetahuan yang luas kepada masyarakat dan menampung segala aspirasi masyarakat untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Sementara itu dari beberapa elemen masyarakat yang mengadiri, menyampaikan beberapa usulan dan pertanyaan diantaranya,
Fadil Hasan.SH (Tokoh Masyarakat) mengatakan bahwa masalah penguatan bidang pertahanan di laut perairan Anambas-Natuna, wajib ditingkatkan mengingat karena banyak potensi konflik di laut besar ini, apalagi adanya klaim sepihak oleh RRC di laut Natuna Utara.

Kemudian dikatakan Jefrizal Kadis Kominfo, Pemkab Anambas berharap pemerintah pusat dapat membangun tower telekomunikasi dan peningkatan jaringan di Pulau Jemaja yang terdiri dari Jemaja Barat, Jemaja Timur dan Jemaja, serta di pulau pulau yang belum terjangkau oleh Signal, mengingat Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan wilayah Konservasi yang memiliki lokasi Pariwisata yang strategis.

Ditambahkan Arfandi, Perwakilan Pemuda Pancasila (Ormas PP), berhubungan wilayah Anambas dan Natuna masih meninggalkan persoalan-persoalan menyikapi dana bagi hasil dan blok migas tersebut.


Arthur
Diberdayakan oleh Blogger.