HTML69 Gunung Merapi Kambalny di Rusia Meletus, Setelah Berabad-abad Tak Beraktivitas - EXPOSSIDIK.COM Gunung Merapi Kambalny di Rusia Meletus, Setelah Berabad-abad Tak Beraktivitas - EXPOSSIDIK.COM
  • Terkini

    Wednesday, March 29, 2017

    Gunung Merapi Kambalny di Rusia Meletus, Setelah Berabad-abad Tak Beraktivitas

    Foto istimewa

    RUSIA - Gunung merapi Kambalny kembali meletus keras setelah tidak aktif hampir 250 tahun. Kambalny adalah gunung merapi yang terletak Kamchatka Paninsula di selatan Rusia merupakan rumah bagi lebih dari 300 gunung berapi.

    Sejak tahun 1993, peneliti dari Tim Letusan Response Kamchatka Volcanic (KVERT) dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia telah memantau aktivitas gunung merapi tersebut.

    Olga Girina, selaku Kepala KVERT mengatakan kepada kantor berita Rusia Tass, Tidak ada kemungkinan Kambalny akan meletus.

    "Ini adalah kejutan bagi kami. Kami terus memantau dan akan menganalisis kemungkinan ancaman," ujarnya.

    Saat gunung merapi Kambalny meletus, satelit Terra NASA menangkap gambar memuntahkan material dari gunung tersebut yang membentang seluas 60 mil (100 kilometer) barat daya.

    Menurut NASA Earth Observatory, Kamchatka Peninsula sebagian besar tertutup salju pada tahun ini, dan tanggal 26 Maret, abu menutupi tanah di sekitar gunung berapi.

    Meskipun abu terlihat, peneliti NASA memperingatkan bahwa letusan gunung erapi juga menimbulkan ancaman tak terlihat sulfur dioksida, yang dapat membahayakan sistem pernapasan manusia. NASA Aura satelit, yang membawa instrumen ozon pemantauan, mendeteksi segumpal udara sulfur dioksida bergerak ke selatan.

    "Jumlah SO2 tinggi melawan arah angin bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk emisi variabel di gunung berapi (seperti meledak awal), meningkatkan ketinggian membanggakan melawan arah angin atau menurunkan kadar abu melawan arah angin," Simon Carn, seorang ilmuwan atmosfer di Michigan Technological University , mengatakan kepada Earth Observatory.

    Sebuah peringatan KVERT juga mencatat bahwa bulu abu sporadis mencapai hingga 26.200 kaki (8 km) di atas permukaan laut diharapkan dan dapat mempengaruhi pesawat yang terbang di wilayah tersebut, menurut NASA.

    [sumber: reuter]

    Item Reviewed: Gunung Merapi Kambalny di Rusia Meletus, Setelah Berabad-abad Tak Beraktivitas Rating: 5 Reviewed By: expossidiknews.com
    Scroll to Top